| 1 التعليقات ]

Memecah File Besar

Kebalikan dari tulisan ini (Menyatukan File yang Dipecah), maka sekarang bagaimana caranya memisahkan file yang terlalu besar; misalkan kita mau mengupload atau mengirimkan file yang besarnya melebihi 500 MB, maka kita harus memecah file tersebut menjadi beberapa file kecil sehingga memudahkan kita untuk mengirimnya. Maka caranya adalah dengan menggunakan software File Splitter and Joiner, silahkan download di sini.

Untuk memecah file, silahkan lihat step demi step berikut:


Free Image Hosting at www.ImageShack.us

- Klik menu 'Splitting' , lalu klik icon kuning (no: 2) untuk membuka file yang mau dipecah, arahkan kearah file tersebut. Maka akan muncul kotak berikut:
Free Image Hosting at www.ImageShack.us

- Dalam gambar di atas, file yang mau saya pecah adalah sebuah film kartun 'How To Train Your Dragon' (350 MB), saya taruh di desktop. Klik pada file tersebut dua kali, maka akan muncul tampilan berikut:
Free Image Hosting at www.ImageShack.us

- Dua kotak di atas (no 1 dan 2) awalnya kosong, setelah file tadi kita klik dua kali, maka muncul di dua kotak itu, no: 1 itu adalah file yang mau kita pecah, sedangkan no 2 itu hasil dari pecahannya. Contoh di atas saya taruh hasinya di desktop, setelah itu isikan opsi no 4 di atas, fungsinya untuk menentukan menjadi berapa bagiankah file yang kita pecah itu, diisi berapa saja boleh, dalam gambar tersebut saya menjadikannya empat bagian. Setelah itu, klik tombol 'Split' seperti nomer 3. Maka akan ada tampilan:
Free Image Hosting at www.ImageShack.us

- Dalam gambar di atas, nomor 1 itu adalah tempat saya menyimpan hasil pecahan, yaitu di desktop. No 2 itu indicator sampai berapa persen proses yang kita lakukan. Tunggu sampai selesai, setelah selesai akan muncul petunjuk ini:
Free Image Hosting at www.ImageShack.us

- Sekarang kita buka desktop kita, maka di sana ada 4 file hasil pecahan dari file besar tadi.
Free Image Hosting at www.ImageShack.us

- Setelah film tadi menjadi empat, maka pengiriman atau upload file relative lebih mudah dan cepat loadingnya. Untuk memutarnya, kita harus menyatukannya dulu, lihat tutor ini untuk menyatukan file-file tersebut, aplikasinya sama yaitu File Splitter and Joiner ini. Selamat mencoba. Alhamdulillah.




1 التعليقات

kafabillah يقول... @ 15 يوليو 2011 في 10:16 ص

tesa

إرسال تعليق